UNS Bakal Gelar Pemilihan Rektor. Ini Tahapannya

- Rabu, 28 September 2022 | 11:40 WIB
UNS Bakal Gelar  Pemilihan Rektor . Ini Tahapannya
UNS Bakal Gelar Pemilihan Rektor . Ini Tahapannya

VARTADIY.com, SOLO -Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bakal menggelar pemilihan rektor untuk masa bakti 2023-2028.

Hal ini menyusul  berakhirnya masa jabatan Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. pada 10 April 2023 mendatang. Seperti diketahui Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho,S.H., M.Hum. memiliki masa bakti 2019-2023.

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UNS, Marsekal (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.IP. mengatakan, UNS melaksanakan pengelolaan Perguruan Tinggi sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH)  sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2020.

Baca Juga: 5 Strategi Utama Telkom Digeber Untuk Tingkatkan Profitabilitas dan Pertumbuhan Berkelanjutan

Salah satu implikasi dari peraturan tersebut adalah kelembagaan MWA sebagai organ tertinggi berwenang untuk mengangkat dan memberhentikan Rektor.

Kewenangan tersebut merupakan kewenangan MWA dan tidak melibatkan organ lain seperti Senat Akademik,Pemimpin, dan Dewan Profesor.

“Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho,S.H., M.Hum. memiliki masa bakti 2019-2023.

Baca Juga: Mendag Zulkifli Hasan Berangkatkan 50 Kontainer Ekspor PT Sritex Sukoharjo Ke 20 Negara

Karena akan mengakhiri jabatan pada 10 April 2023 mendatang, maka sesuai
ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2020 harus sudah selesai dilaksanakan pemilihan Rektor dalam waktu maksimal tiga bulan sebelum akhir masa jabatan,” terang Marsekal (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto kepada media saat acara launching P3CR secara serentak dari dua tempat yang berbeda yaitu di Tower UNS dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Jakarta secara teleconference  Selasa 27 Juli 2022 yang turut dihadiri P3CR, Tim Teknis, dan Panitia Pengawas, sementara di Jakarta dihadiri oleh Ketua MWA, Ketua Senat Akademik, dan Ketua Dewan Profesor serta Pimpinan UNS.

Halaman:

Editor: Anjar Hari Wartono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Unik, Tol Yogya-Bawen Bakal Pakai Terowongan

Senin, 23 Januari 2023 | 09:34 WIB

MAN Temanggung Datangkan Sastrawan Evi Idawati

Jumat, 13 Januari 2023 | 10:40 WIB
X