• Sabtu, 8 Oktober 2022

Pengusaha Ayam Potong Disarankan Pakai Resi Gudang

- Kamis, 22 September 2022 | 07:48 WIB
Pemanfaatan sistem resi gudang pada ayam potong karkas beku (PT KBI )
Pemanfaatan sistem resi gudang pada ayam potong karkas beku (PT KBI )

VARTADIY.com, JAKARTA - Ketersediaan stok akhir daging ayam Indonesia di 2022 diperkirakan mengalami surplus sebesar 903.267 ton. 

Data dari Kementerian Pertanian menunjukkan, produksi daging ayam tahun 2022 diproyeksikan mencapai 4,098 juta ton, terdiri dari 20 rb ton stok awal tahun dan total produksi tahun 2022 diperkirakan mencapai 4,078 juta ton. 

Sementara untuk total kebutuhan secara nasional tahun 2022 diperkirakan mencapai 3,195 juta ton.

Terkait proyeksi surplus daging ayam tersebut, Fajar Wibhiyadi selaku Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia mengatakan ada baiknya para pengusaha ayam potong memanfaatkan resi gudang. 

Baca Juga: Flashmob Gugur Gunung Tandang Gawe Ajak Beraktivitas Pascapandemi Covid-19

Dengan instrument ini, para pengusaha dapat menyimpan ayam potongnya dalam bentuk ayam karkas beku. Selanjutnya pengusaha dapat menjaminkan resi gudang yang dimiliki untuk mendapatkan pembiayaan dari lembaga pembiayaan. 

"Dengan mekanisme ini, pengusaha ayam potong dapat menjaga keberlangsungan usahanya, setelah memperoleh pembiayaan," kata Fajar.

Fajar Wibhiyadi menambahkan KBIsebagai Pusat Registrasi Resi Gudang bersama dengan para pemangku kepentingan di Sistem Resi Gudang, akan terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dan pelaku usaha di perdagangan ayam potong, terkait manfaat pemanfaatan resi gudang. 

Fajar menjelaskan dengan pemahaman yang baik tentang resi gudang dari para pelaku industri ayam potong, harapannya kedepan pemanfaatan resi gudang ayam karkas beku terus meningkat.

Halaman:

Editor: Miko Sudiro

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Plaza Malioboro Bikin Kejutan Oktober. Datang Yuk !

Selasa, 4 Oktober 2022 | 18:50 WIB

Ikadin DIY Wujudkan Profesi Advokat Profesional

Selasa, 27 September 2022 | 00:04 WIB

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Senin, 26 September 2022 | 18:58 WIB
X